GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

SIKAP JUJUR MEMBAWA KESELAMATAN

Diantara sifat hamba yang paling agung adalah jujur dan sifat seorang hamba yang paling hina adalah bohong. Kadang-kadang anda melihat seseorang yang secara sepintas lalu dilihat dari penampilannya sangat menarik, namun tiba-tiba anda dikejutkan oleh kenyataan bahwa ia seorang pembohong. Orang yang suka berbohong dapat dilihat dari sikapnya yang suka kepada hal-hal yang aneh, suka memuji diri sendiri, jka berbicara sangat cepat, seolah-olah tanpa di sela dengan nafas, jika berbicara nampak ragu dan suka bersumpah.
Sikap bohong tidak muncul kecuali dari jiwa yang rendah dan hati yang kotor. Sesiapa yang membiasakan dirinya berkata jujur, maka sifat jujur akan menjadi watak dasar baginya. Cukup bagi seseorang dikatakan sebagai pembohong jika dirinya selalu mengatakan semua yang ia dengar. Sesiapa yang sedar bahwa sifat pembohong adalah yang menyebabkan nama baiknya tercemar, kedudukan dan kehormatannya tercoreng, serta harga dirinya jatuh, maka ia pasti akan menghilangkan sifat yang satu ini dari dirinya.

Hendaklah setiap orang berhati-hati terhadap sikap mengganggap remeh sedikit kebohongan ketika sedang bercanda atau ketika sedang berbicara hal lainnya. Karena sedikit kebohongan dapat membawa seseorang kepada kebohongan yang lebih banyak. Sesiapa yang banyak bercakap, maka ia akan banyak salahnya.

Cukup bagi seseorang satu pujian bahwa dirinya adalah orang yang selalu bersiakap jujur. Karena sikap jujur bagaikan satu mahkota yang disematkan diatas kepala yang mempunyainya. Sifat jujur dapat membuat seseorang selalu dimuliakan di setiap pertemuan, selalu dipuji disetiap tempat dan setelah meninggal dunia, ia meninggalkan nama yang harum.

Adapun orang yang mempunyai sifat pembohong, maka ia menjadi seorang yang rendah, hina, tidak mempunyai nilai dan tidak ada kebaikan sama sekali di dalam dirinya yang dapat diharapkan. Oleh karena itu, jujurlah di dalam setiap pembicaraan dan jagalah lisanmu dari kekeliruan ucapan.

Oleh : S.Peno

Sumber : Hakadha haddathana al-zaman ( Dr.’Aidh Abdullah Al-Qarni )
thumbnail Judul: SIKAP JUJUR MEMBAWA KESELAMATAN
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2010-02-14T19:34:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

1 komentar:

Terima kasih anda telah berkunjung di Blog yang sederhana ini
Silakan tingggalkan pesan, kesan, kritikan, serta saran untuk kemajuan blog ini

Widget Footer 1