GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

PMI Kekurangan 1 Juta Kantong Darah

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (Ketum PMI) Jusuf Kalla (JK) mengaku Indonesia tiap tahunnya kekurangan sekitar 1 juta kantong darah.

Hal itu ditegaskan Jusuf Kalla saat melantik Ketua PMI Jabar Irjen Pol Adang Rochjana, menggantikan Karna Swanda di Aula Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, kemarin. Dalam kesempatan itu, JK turut melantik sekitar 13 orang pengurus harian PMI Jabar. “Kita saat ini membutuhkan 2% kantong labu darah dari total jumlah penduduk atau sekitar 4,5 juta kantong darah. Tahun lalu, kita hanya punya 3,5 juta kantong darah. Artinya, kita masih kekurangan 1 juta kantong,” tegas JK di hadapan pengurus PMI Jabar. Menurut dia, seiring pertumbuhan penduduk diperkirakan pada tahun 2014 mendatang kebutuhan darah di Indonesia tiap tahunnya bisa mencapai hingga 5 juta kantong per tahun.

Karenanya, dia berharap organisasi PMI terus dikembangkan di tiap daerah guna memenuhi kebutuhan darah nasional. Lebih lanjut JK menegaskan, ada tiga tugas pokok PMI dalam menjalankan organisasinya. Pertama donor darah,kedua menghadapi bencana. “Dan terakhir adalah tugas sosial. Saya yakin jika tiga pekerjaan ini dilakukan dengan keikhlasan dan kesungguhan PMI akan semakin besar dan bisa memenuhi kebutuhan darah nasional. Ini juga sangat tinggi pahalanya,”tegasnya. Di tempat yang sama,Wakil Gubernur Dede Yusuf mengakui keberadaan PMI sangat dibutuhkan dalam momen-momen penting seperti saat terjadi bencana.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menzakatkan darahnya guna memenuhi kekurangan kebutuhan darah di tingkat daerah dan nasional. Ketua PMI Jabar Adang Rochjana mengaku, dirinya berkeinginan masuk PMI bukan hanya saat sekarang ini memasuki purna bakti di pekerjaan. Akan tetapi, keinginan itu sudah ada sejak dulu.


thumbnail Judul: PMI Kekurangan 1 Juta Kantong Darah
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-05-01T20:26:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

0 komentar:

Widget Footer 1