GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

STT Garut Kembangkan Perangkat DodoLinux


Sekolah Tinggi Teknologi Garut menerapkan penggunaan perangkat lunak open source berbasis Linux dalam upaya menekan penggunaan perangkat lunak bajakan.

Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Teknologi Garut Ir Abdusy Syakur,MEng menegaskan, penggunaan perangkat lunak open source yang digunakan oleh lingkungan STT Garut sendiri, merupakan program yang dikembangkan oleh mahasiswa STT Garut berbasis Linux yang telah dimodifikasi agar dapat mudah digunakan oleh para penggunanya termasuk di luar lingkungan STT Garut.

Open source yang dikembangkan Linux memang terbuka dan bisa didesain ulang sesuai dengan kebutuhan, program yang kita gunakan saat ini adalah open source yang dikembangkan Linux yang telah diprogram ulang oleh mahasiswa kita,” katanya.

Syakur mengungkapkan, penggunaan perangkat lunak open source ini, selain persiapan pembatasan penggunaan perangkat lunak bajakan, ternyata penggunaan perangkat lunak open source juga bisa menekan pengeluaran karena tidak perlu membeli perangkat lunak orisinil seperti jika pengguna komputer menggunakan perangkat lunak Windows.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Sistim Informasi STT Garut Ir Rinda Cahyana mengungkapkan, DodoLinux merupakan perangkat lunak yang tidak beda dengan Windows dan bisa digunakan pada semua komputer, yang menjadi perbedaannya adalah DodoLinux merupakan pengembangan yang dilakukan mahasiswa STT Garut dari program dasar Linux dan bersifat open source. Sementara Windows tidak bersifat open source dan pengguna harus membeli software orisinilnya.

“Programnya tidak jauh beda dengan Windows, tampilannya juga telah disesuaikan agar mudah digunakan. Bahkan program pendukungnya juga telah bisa langsung digunakan begitu DodoLinux diinstall pada komputer,” katanya.
Meski bersifat terbuka dan murah, Linux sampai saat ini masih belum banyak digunakan oleh masyarakat, menurut Rinda, hal tersebut terjadi karena, pengguna komputer saat ini telah terbiasa dengan program Windows. Ada kesan lebih sulit menggunakan Linux. Padahal dengan sistem open source, Linux lebih mudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

“DodoLinux yang dikembangkan mahasiswa STT Garut ini, sengaja dibuat untuk para pengguna komputer rumahan (end user), program-program standar seperti fungsi office telah terinstall pada DodoLinux, hanya memang namanya berbeda, akan tetapi fungsi dan cara kerja tidak jauh beda,” katanya.

Rinda mengakui, perlu ada migrasi bagi masyarakat yang telah biasa menggunakan Windows untuk dapat beralih ke DodoLinux, semua itu, memang perlu waktu, akan tetapi, tidak perlu waktu lama untuk dapat mengenal dan memaksimalkan pekerjaan dengan menggunakan DodoLinux karena tampilan dan program pendukung telah disesuaikan dengan kebutuhan standar pengguna komputer.

Selain murah, menurut Rinda, keuntungan menggunakan DodoLinux yang lain adalah relatif lebih aman dari serangan virus tidak seperti halnya menggunakan perangkat lunak Windows bajakan yang amat rentan terhadap virus yang akhirnya merusak data yang ada pada komputer dan merugikan penggunanya. Pemerintah sendiri telah mengembangkan program open source yang sama yang disarankan digunakan instansi pemerintah bernama IGOS (Indonesian Goes Open Source). Dirinya berharap, Pemkab Garut mau menggunakan program DodoLinux yang merupakan pengembangan putra Garut asli.

Baca Sumber Berita >> 
thumbnail Judul: STT Garut Kembangkan Perangkat DodoLinux
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-05-28T12:11:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

16 komentar:

  1. I have no words for this great post.
    Cheap Essays

    ReplyDelete
  2. That's what i was looking for. I will definitely share it with others.

    Thanks for sharing.
    Custom essay writing

    ReplyDelete
  3. Such a fantastic post.... its very intresting...

    ReplyDelete
  4. That is a really great post....its very interesting...

    custom logo design

    ReplyDelete
  5. Very informative and helpful blog..i like it...thanks for sharing...
    media buying

    ReplyDelete
  6. Well done unique site-very interesting/informative...

    Travel Safe- WORLD TRAVEL UPDATES-FOREIGN TRAVEL GUIDE:

    http://www.travelaskthelocals.yolasite.com

    (Feel free to post on our forum)

    ReplyDelete
  7. the great webmaster always provide great info to the people which you shown in your articlethanks for providing such article....

    ReplyDelete
  8. I will probably be back again to browse much more, many thanks for the data.

    ReplyDelete
  9. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete
  10. I hope you will keep on submitting new articles or blog posts & thank you for sharing your great experience with us.

    ReplyDelete
  11. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete
  12. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share.

    ReplyDelete
  13. These tips proved very useful for me and for this, I really want to mention thanks for sharing it with us.

    ReplyDelete
  14. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    ReplyDelete
  15. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  16. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    ReplyDelete

Terima kasih anda telah berkunjung di Blog yang sederhana ini
Silakan tingggalkan pesan, kesan, kritikan, serta saran untuk kemajuan blog ini

Widget Footer 1