GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Garut Jadi Ladang Ganja

Garut layak disebut sebagai ladang ganja Jawa Barat (Jabar). Bagaimana tidak, dalam waktu yang tidak terlalu lama, ladang ganja keempat ditemukan Polres Garut.

Sebanyak 100 batang pohon ganja ditemukan polisi di puncak Gunung Gede Blok Mandalagiri, Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, kemarin. Penemuan seratus batang pohon ganja tersebut, hanya sekitar 200 meter dari ladang ganja sebelumnya yang ditemukan pada 12 Februari 2011 lalu. Ladang ganja itu masuk kawasan hutan Perhutani wilayah Resor Pemangku Hutan Mandalagiri Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Cikauang.
Perhutani selaku pengelola sah lahan tersebut, mengaku telah memberikan pengetahuan kepada warga dan menurunkan tim untuk mencegah ada ladang ganja lagi.Namun, ternyata usaha itu belum maksimal. Kasat Narkoba Polres Garut AKP Nurjaman mengatakan, ladang ganja yang ditemukan pihaknya kali ini berada di atas tanah dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Karena kemiringan itulah, tambah Nurjaman,petugas cukup kesulitan untuk mencapai lokasi ladang ganja keempat yang ditemukan di kawasan tersebut. ”Jaraknya hanya 200 meter dari kebun atau ladang ganja yang kami temukan sebelumnya.

Saya yakin pelaku penanamnya memang benar-benar sengaja menanam ganja ini di kemiringan 90 derajat.Tujuannya tidak lain agar ladang tersebut sulit ditempuh masyarakat dan petugas,” katanya kemarin. Nurjaman menyebutkan, tinggi pohon ganja yang diamankan petugas bervariasi, yakni dari setinggi 30 cm hingga satu meter, dengan usia masa tanam diperkirakan selama satu hingga empat bulan. Dia memastikan pohon ganja yang ditemukan itu memang benarbenar belum siap panen. ”Sejak pertama kali ditemukan ladang ganja di pegunungan Kecamatan Cikajang Garut hingga sampai hari ini, bisa disebutkan jumlah total pohon ganja mencapai 1.457 batang.Temuan pohon ganja yang paling banyak adalah pada 12 Februari lalu, dengan jumlah pohon ganja sebanyak 981 batang,”ungkapnya.

Nurjaman mengaku,pihaknya masih belum bisa mengungkap para pelaku penanamnya, meski empat ladang ganja di kawasan Kecamatan Cikajang telah ditemukan.Banyaknya jumlah ladang yang terletak di lokasi berbeda-beda,menurut dia, cukup membuat petugas kesulitan untuk menyelidiki kasus tersebut.

Baca sumber selengkapnya_>>>
http://www.garutkab.go.id/pub/news/plain/6185-garut-jadi-ladang-ganja.html
thumbnail Judul: Garut Jadi Ladang Ganja
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-03-15T15:26:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1