GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Goris Mustaqim, Asli Garut Go International Bersama Obama

Usianya baru saja menginjak 28 tahun, tepat tanggal 14 Maret 2011 lalu. Tapi Anda jangan terkecoh dengan penampilan pria single yang bersahaja ini.

Jiwa entrepreneur yang tinggi dan komitmennya pada pengembangan daerah sudah mengantarnya ke Amerika Serikat untuk bertemu Presiden Barack Obama. Goris terbang ke negeri Paman Sam bersama pengusaha top Indonesia untuk menghadiri acara Presidential Summit Entrepreneurship 2010.


“Ada 10 orang (yang diundang-red). Ada Pak Ciputra, Putra Sampoerna dan Sandiaga Uno, tuturnya kepada detikcom, Rabu (16/3/2010).

Aktivitas utama Goris adalah menjalankan perusahaan IT bersama kawan-kawan almamaternya di ITB, di bawah naungan PT Resultan Nusantara serta Asgar (Asli Garut) Muda. Pusat aktivitas yang berbeda tempat membuatnya bolak-balik Jakarta-Garut setiap minggunya.

“Saya bergaul dengan siapa saja. Saya bergaul dengan tukang gorengan, satpam, menteri, dirut BUMN. Bergaul dengan siapa saja. Jadi punya jaringan atau networking yang bagus,” katanya memberi tips kesuksesannya.

Kesuksesannya tidak diraihnya secara instan. Hambatan modal yang kerap menjadi dinding orang untuk berusaha diruntuhkannya dengan ide kreatif dan relasi yang luas.

“Yang penting punya ide kreatif. Itu yang kita jual. Lalu saya tawarkan ke orang-orang yang saya kenal sampai ada yang tertarik lalu menjadi investor,” ujarnya.

Di Garut, Goris dan kawan-kawan melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pengrajin akar wangi mulai dari pencarian bahan bakar alternatif hingga pemasaran. Mereka juga mencari investor, memanfaatan bahan mentah, memasarkan dan memanfaatkan limbah akar wangi. Usai diambil minyaknya, akar wangi dapat digunakan untuk berbagai macam jenis kerajinan dan souvenir.

Tak berhenti sampai di situ, bersama dengan Asgar Muda, Goris juga aktif di bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa ke keluarga tak mampu dan membidani lahirnya koperasi BMT. Tak hanya di Garut, pria bungsu dari 5 bersaudara ini sudah menularkan visinya ke daerah-daerah lain.

“Ada juga sekarang sudah berjalan di Wonosobo dan Magetan. Kita yakin yang bisa membangun suatu daerah adalah putra daerah itu sendiri,” terang sosok humoris ini.
thumbnail Judul: Goris Mustaqim, Asli Garut Go International Bersama Obama
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-03-21T13:25:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1