GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Alih Pungsi Lahan Sebabkan Banjir Bandang

Banjir bandang yang melanda kawasan Desa Sukawangi Kecamatan Tarogong Kaler beberapa waktu lalu merupakan yang kedua kali dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, lebih di sebabkan oleh tingginya curah hujan sehingga penampung air (dam) yang berada di hulu kawasan tersebut tidak bisa menampungnya yang pada akhirnya meluap dan menggusur area perkampungan di bawahnya.

kurangnya serapan air akibat hutan milik masyarakat yang gundul dan dialih pungsikan lahannya menjadi area tanaman paliwija serta banyak dijadikan tempat penambangan pasir liar, ikut menjadi sebab banjir bandang kembali terjadi. Tak hanya material tanah yang merusak rumah-rumah warga sekitar, jalanpun yang pada beberapa waktu kebelakang selesai di perbaiki, kembali rusak bahkan lebih parah dari kejadian serupa, demikian di ungkapkan kepala Desa Sukawangi Emay Sumarna, Minggu (24/4), dihadapan Bupati Garut H. Aceng HM Fikri,S.Ag saat meninjau lokasi banjir bandang di Desa Sukawangi Kecamatan Tarogong Kaler.
Hadir pada kesempatan tersebut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Bina Marga Kab. Garut Drs. Atang Subarjah,M.Si, Kepala BPBD Kab. Garut Drs. Jat Jat Munajat,M.Si, Bagian Evaluasi daerah Aliran Sungai (DAS) Balai Pengelolaan Das Cimanuk Citanduy Iis Juansyah serta Camat Tarogong Kaler Drs. Muksin,M.Si.

Menurut Bupati, Kondisi jalan yang menyerupai saluran air tersebut rusak parah dan harus sesegera mungkin untuk di perbaiki kembali, agar dampak dari bencana tersebut sedikitnya dapat di minimalisir, hal lainnya yang paling penting untuk segera di perbaiki adalah kawasan di atas perbukitan, misalnya dengan mengembalikan fungsi hutan menjadi area tanaman dengan pohon-pohon yang keras, yang dapat menahan debit air ketika curah hujan tinggi, perbaiki juga dam-dam penampung air.

Sementara Atang Subarjah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Garut membutuhkan anggaran sekitar Rp.712 Juta untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak berat akibat di landa banjir bandang tersebut, perbaikan saluran air menjadi prioritas. sementara jalan yang harus diperbaiki hampir sempanjang 500 meter

 
thumbnail Judul: Alih Pungsi Lahan Sebabkan Banjir Bandang
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-04-26T18:46:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1