GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Didin Tak Lagi Makan Daging Mentah

Atang (45) dan Titi (39) orang tua Didin Suherman (9) warga Kampung Wanakerta RT 01 RW 02 Desa Wanakerta Kecamatan Cibatu, boleh merasa lega. Pasalnya, anak keduanya, Didin Suherman (9) prilakunya tak lagi garang. Bahkan saat ini Didin Saepudin yang tuna wicara itu, sudah berhenti makan daging mentah.

Menurut Atang dan Titi, prilaku Didin Suherman menjadi lunak. Dia tak lagi menyergap ayam, itik, kodok dan ular yang biasanya dimakan mentah-mentah setelah berobat jalan ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua Lembang Bandung selama 7 bulan berturut-turut.

Sebelum berobat ke RSJ Cisarua Bandung, kata Atang, anaknya Didin sejak berusia 3 tahun prilakunya garang. Bila melihat ayam, itik, kodok ataupun ular dia spontan menyergapnya. Lalu daging hewan yang disergapnya dimakan mentah-mentah sambil ketawa meski berlumuran darah. “Dia pun tampak senang ketika memakan daging mentah,” ujar dia.
Melihat prilaku Didin Suherman, kata Atang, sebagai seorang ayah ia berupaya menjaganya. Pagar halaman rumah sengaja dibuat setinggi 1,5 meter dan pintu rumah dikunci rapat.
“Tujuh bulan ke belakang, dia memecahkan kaca dan merusak televisi,” ujar dia.

Selama dikurung itu, lanjut dia, ia tak bisa mencari nafkah karena harus menjaga anaknya. Namun Sekarang prilakunya sudah berubah ke arah yang lebih baik.

Atang mengaku, ia pun tak khawatir bila Didin ditingalkan di rumah. “Alhamdulillah tenang,” ujar pria yang sehari-hari sebagai petani itu.

Dijelaskan Atang dan Titi, hingga saat ini dia rutin membawa Didin Suherman ke RSJ Cisarua Bandung untuk tetap berobat jalan setiap sebulan sekali. Setiap berangkat ke rumah sakit menggunakan ambulans Puskesmas DTP Cibatu.

Setiap berobat, lanjut Atang, tak pernah mengeluarkan biaya. Karena menggunakan fasilitas kartu Jamkesmas. Sebelum rutin berobat ke Bandung, Didin Suherman sempat berobat dan dirawat di RSUD dr Slamet Garut. Kemudian dirujuk ke RSJ Cisarua Bandung.

Baca sumber selengkapnya_>>>
 
thumbnail Judul: Didin Tak Lagi Makan Daging Mentah
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-04-02T11:56:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1