GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

EMPAT CALON KETUA MAJU DALAM MUSDA PAN

Sebanyak empat calon ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Garut akan maju dalam Musyawarah Daerah (musda) PAN yang akan digelar pada 30 April mendatang. Keempat bakal calon tersebut adalah H Babay Tamimi, H Yayat Hidayat yang saat ini duduk di kursi DPRD Kabupaten Garut dan H Ganiyasa Sulaeman serta Asep Komarudin Anda.

“Ada empat bakal calon yang akan kita ajukan kepada DPW PAN Jabar dan DPP PAN, dua dari kalangan legislatif, dua lainnya di luar legislatif, mereka semua asli kader PAN,” jelas Budi Setiawan, ketua Organizing Comitee Musda IV DPD PAN Garut, kemarin.

Budi mengungkapkan, saat ini mekanisme penentuan ketua DPD mengalami perubahan dibanding sebelumnya. Calon ketua yang berhak maju ditentukan oleh DPW dan DPP, sementara pengurus DPD hanya mengajukan nama bakal calon yang akan maju dalam musda nantinya. “Rencananya tanggal 20 ini, kita sudah ajukan keempat nama yang telah mendaftar ini ke DPW untuk kemudian dibawa ke DPP untuk disyahkan sebagai calon. Bisa saja nanti jumlahnya berkurang,” katanya. Dalam musda nanti, menurut Budi peserta yang memiliki hak untuk memilih adalah unsur pengurus DPD sebanyak 3 orang, kemudian pengurus kecamatan dua orang yaitu ketua dan sekretaris serta pengurus tingkat desa satu orang.

Lanjut dia, musda sendiri dilakukan setelah Ketua DPD PAN Kabupaten Garut HB Gaos Hamdani meninggal dunia pada 2009 lalu. Sejak saat itu, posisi ketua DPD PAN Garut dijabat oleh Enjang Tedi yang bertugas sebagai pelaksana teknis yang ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jabar.

PAN sendiri, menurut Budi, telah memiliki komitmen untuk dapat menyelesaikan masalah kepengurusan di tingkat DPD hingga bulan Mei mendatang, hal ini berkaitan dengan adanya proses verifikasi yang akan mulai dilaksanakan oleh KPU terhadap parpol.

Budi berharap, musda ini dapat berjalan sukses tanpa ekses dan juga dapat menghasilkan kader yang terbaik diantara yang terbaik demi kemajuan partai. PAN sendiri saat ini telah komitmen untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran dalam pelaksanaan musda nantinya.

“Jika ada calon yang terbukti melakukan money politic akan langsung didiskualifikasi,” ujarnya saat ditemui sebelum melakukan fit dan proper test terhadap empat calon tersebut.

Terkait adanya unsur pimpinan DPW yang loncat ke partai lain, menurut Budi, hal tersebut tidak akan mempengaruhi jalannya musda DPD PAN Garut.“Pada konstituen mungkin bisa berpengaruh, tapi pada unsur pengurus, itu tidak akan berpengaruh besar,” katanya.

thumbnail Judul: EMPAT CALON KETUA MAJU DALAM MUSDA PAN
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-04-16T12:34:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1