GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Mengisi Liburan dengan Membajak Sawah

Mengisi liburan tidak harus bepergian ke tempat yang jauh dan mahal. Menyelami profesi orangtua sendiri ternyata bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ini sekaligus melatih anak berempati akan jerih payah orangtua mencari penghasilan untuk keluarga.

Berangkat dari hal itulah sejumlah anak petani di Kampung Cimuncang, Garut Kota, Jawa Barat, turun ke sawah. Mereka belajar bertani dan membajak dengan kerbau sungguhan.

Umumnya mereka masih duduk di bangku sekolah dasar. Saat liburan sekolah seperti ini, mereka memilih berada di sawah, belajar sekaligus membantu orangtua membajak sawah.

Alat bajak yang digunakan dipasang pada dua ekor kerbau. Setelah itu mereka berasma meratakan lahan yang telah dipanen. Tanah yang masih ditumbuhi sisa padi, dibalikkan dan dibenamkan ke bagian dalam tanah dan diratakan untuk kembali ditanami.

Selama membajak sawah, mereka terlihat riang. Lumpur yang kian banyak menempel di tubuh tak mereka hiraukan. Justru makin membuat suasana bertambah seru.

Selanjutnya mereka belajar cara merapikan pematang sawah. Lumpur dari sawah yang sedang dibajak dipadatkan dan dirapikan dengan kaki. Mereka juga belajar mencangkul. Cangkul yang berat ternyata tak menurunkan semangat anak-anak.

Usai belajar bertani, mereka juga bermain-main di sawah. Setelah bermain seharian di sawah, baru mereka pergi ke pinggir sungai untuk membersihkan badan. Baru setelah itu mereka pulang ke rumah masing-masing.

Baca Sumber Berita >> 
 
thumbnail Judul: Mengisi Liburan dengan Membajak Sawah
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2012-07-03T16:39:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

2 komentar:

  1. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    ReplyDelete
  2. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    ReplyDelete

Terima kasih anda telah berkunjung di Blog yang sederhana ini
Silakan tingggalkan pesan, kesan, kritikan, serta saran untuk kemajuan blog ini

Widget Footer 1