GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

191 Miliar Dana BOS Garut Cair

Dana bantuan operasional sekolah (BOS) Kabupaten Garut tahun anggaran 2011 resmi dicairkan Senin (21/3) kemarin. Nilainya mencapai Rp 191 milliar.

Keterlambatan pencarian dana BOS ini diakibatkan terlambatnya pengesahan
anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Garut tahun 2011. Dana BOS yang seharusnya sudah cair sejak Januari lalu, baru bisa cair pada bulan Maret ini.


Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kadisdik Kabupaten Garut, Machmud mengatakan, ratusan sekolah swasta yang ada di Garut baru bisa menerima dana BOS pada Senin kemarin. Keterlambatan ini, menurutnya tak terlepas dari terjadinya keterlambatan pengesahan APBD Garut Tahun Anggaran 2011.

“Ratusan SD dan SMP swasta yang ada di Garut memang baru menerima dan BOS kemarin. Padahal seharusnya mereka sudah menerimanya sejak Januari lalu,” ujar Machmud yang dihubungi melalui ponselnya, Selasa (22/3).

Dikatakan Machmud, teknis pencairan dana BOS ini dilakukan langsung melalui rekening tiap sekolah. Total dana BOS yang akan disalurkan ke tiap sekolah pada tahun ini, kata dia, besarnya mencapai Rp 191 miliar.

Ia berharap untuk pencairan triwulan kedua sudah bisa dilakukan Mei mendatang.
Saat disinggung jumlah sekolah swasta penerima dana BOS ini, Mahmud mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

“Saya lupa persisnya berapa sekolah. Sedangkan untuk sekolah-sekolah negeri, dana BOS sudah diterima sejak minggu yang lalu tepatnya 13 Maret lalu,” katanya.

Sebelumnya seperti diberitakan Tribun beberapa waktu lalu akibat keterlambatan pencairan dana BOS di Garut, ratusan sekolah di Kabupaten Garut terpaksa memilih berutang kepada pihak ketiga untuk menutupi kebutuhan operasionalnya.

Saat itu, salah seorang Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Ade Manadin mengatakan karena terlambatnya pencairan dana BOS, banyak sekolah yang terpaksa melakukan pinjaman untuk menutupi biaya operasional sekolah.

“Sebelum dana BOS Cair, kami sempat ketar-ketir, karena dikejar-kejar pihak ketiga yang menagih utang bekas biaya operasional sehari-hari. Namun Alhamdulillah kini setelah dana BOS cair meski terlambat, namun hal ini sangat membantu kami. Kami lega karena kini tak akan lagi dikejar utang,” katanya.
thumbnail Judul: 191 Miliar Dana BOS Garut Cair
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-03-23T09:09:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1