GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Domba Bertanduk Empat Di Garut

Domba bertanduk empat menghebohkan warga Kp. Nagrak, Kelurahan Pananjung, Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut. Keberadaan domba yang unik tersebut menarik perhatian warga, apalagi domba tersebut terbiasa makan mie instan dicampur nasi, serta ditambah minuman isotonik energi.

Ditemui di kediamannya, pemilik domba yang diberi nama “Blackberry” tersebut, Atis Gatrix (45) mengaku, domba miliknya berbeda dengan domba pada umumnya. “Saya belum pernah lihat domba bertanduk empat. Bukan hanya asal nempel di kulit kepala, tapi tanduknya menjadi kesatuan pada seluruh bagiannya,” ujarnya.


Blackbery merupakan jenis domba adu asli Garut (domba Garut) yang sudah terkenal sebagai domba yang tangguh. Hanya saja karena sejak kecil Blackberry sudah mempunyai kelainan yaitu mempunyai empat tanduk, maka dia tak pernah dibawa ke arena adu domba dan diadukan.

Usia Blackberry mencapai 2,5 tahun, tingginya berkisar 80-110 cm. Leher domba tersebut lebih panjang dari domba Garut lainnya.

Menurut Atis, kebiasaan makan Blackberry yang aneh dimulai ketika pengurusnya, Dedi (23) menyimpan makanan sisa di depan kandang domba tersebut. “Saat dilihat, ternyata dihabiskan oleh Blackberry. Waktu ada orang minum minuman energi, dia mendekati dan berusaha merebut dan menghabiskannya juga,” ujarnya.

Keunikan yang ada pada domba dengan warna bulu hitam pekat itu, membuat Atis dan juga anggota keluarga Atis begitu menyayanginya. Apalagi, sikap Blackberry juga senangnya dimanjakan dengan cara dibelai-belai. Jika sudah begitu, Blackberry akan langsung menyandarkan tubuhnya di pangkuan Atis atau siapa saja yang memebelainya.

“Kami memberinya nama Blackberry karena warna bulu domba tersebut didominasi warna hitam. Selain itu, kami sangat menyayangi domba yang terasa membawa berkah bagi keluarga kami,” tuturnya.

Domba kesayangannya tersebut sudah beberapa kali akan ada yang berminat untuk dibeli, bahkan ada yang membanderol hingga Rp 50 juta. Nnamun Atis tak mau menjualnya.

“Berapapun harga yang ditawarkan pada kami untuk menjual Blackberry, tidak akan pernah kami berikan. Kami akan rawat saja karena hanya satu ekor dari seribu yang unik seperti ini. Dibilang domba abnormal, tapi tidak mengurangi niat kami untuk merawatnya,” katanya.

Ridwan, warga Kampung Koropeak, Kec. Karangpawitan yang ditemui di lokasi kandang domba menyebutkan, dirinya sengaja datang dari kawasan Garut Kota untuk melihat langsung domba aneh tersebut yang saat ini ramai dibicarakan warga.

“Saya mendengar dari salah seorang tetangga yang telah lebih dulu datang ke sini untuk melihat domba ini secara langsung. Karena penasaran, akhirnya saya dan sejumlah teman sengaja datang ke sini untuk menyaksikannya secara langsung,” tutur Ridwan.

Setiap harinya, ke kandang domba milik Atis memang selalu banyak orang yang penasaran ingin melihat secara langsung sosok domba unik yang saat ini menjadi perbincangan hangat. Bukan hanya warga yang berasal dari daerah Tarogong saja yang berdatangan untuk melihat langsung domba aneh tersebut, namun juga warga dari kecamatan lainnya di Garut.

thumbnail Judul: Domba Bertanduk Empat Di Garut
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-03-23T09:06:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1