GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

60 % TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT KE POSYANDU

Bila diperhitungkan dengan jumlah ibu hamil atau Balita, tingkat kesadaran masyarakat yang mau berkunjung secara rutin ke Pos Yandu baru mencapai 60 % saja. Maka untuk menaikan tingkat kesadaran tersebut diperlukan terobosan baru dalam pengelolaannya, kini saatnya pos yandu memiliki daya tarik bagi masyarakat.Demikian di katakan Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Barat Hj. Netty Heryawan,M.Si, pada acara kunjungan dalam rangka program revitalisasi pos yandu tahap ke II di Pos Yandu Dewi Sartika Kp. Loji Rw 02 Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota. Senin (7/3). Hadir Jajaran Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut beserta Ketua dan Wakilnya Hj. Nurrohimah Fikri dan Ny. Rani Permata Diki Chandra , Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dr. Alma Lusianti.
Keberadaan pos yandu selama ini identik dengan keperluan memeriksakan kesehatan atau menimbang balita, tapi Pos Yandu harus berpungsi sebagai tempat untuk berbagai keperluan lainnya, terutama yang menyangkut hak-hak anak, sebagai tempat informasi mengenai wawasan undang-undang dan hukum dan sebagainya. Kedepan peranan dan fungsinya mesti di kembangkan, misalnya ada fasilitas dan taman bermain bagi anak.

Kalau dulu kegiatan di posyandu hanya menunggu bola sesuai jadwalnya melakukan penimbangan juga memberikan imunisasi terhadap para Balita, sekarang petugas pos Yandu harus mampu menjemput bola. Di posyandu, petugas harus menyampaikan informasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan anak dan ibu-ibu. Makanya, SDM-nya pun harus lebih ditingkatkan lagi.

Pada kesempatan tersebut Hj. Netty memberikan bantuan berupa buku untuk di pergunakan di perpustakaan yang ada di Pos Yandu Dewi Sartika serta berjanji akan memberikan bantuan kursi roda bagi Taopik Rahmat (11 tahun) anak pasangan Siti Maryam dan Enjang warga kp. Loji yang menderita cacat pisik.


http://www.garutkab.go.id/pub/news/plain/6159-60-tingkat-kesadaran-masyarakat-ke-pos-yandu.html
thumbnail Judul: 60 % TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT KE POSYANDU
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-03-10T00:20:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1