GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

JALUR BUS WISATA JAKARTA – CIPANAS GARUT RESMI DILUNCURKAN

Sebagai salah satu terobosan dalam rangka meningkatkan arus wisatawan ke Garut, khususnya dari Jakarta , Selasa (19/4), di Kompleks Garut Souvenir Center (GSC), jalur khusus Jakarta menuju Objek Wisata Cipanas Garut, akhirnya secara resmi diluncurkan. Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan UMKM dan Industri Pariwisata Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Hamdan, MM, menandai peluncuran tersebut dengan pemukulan gong, disaksikan Wakil Bupati R. Diky Candra, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yatie Rochayatie, SH, M.Si. Dengan dibukanya jalur khusus ini, diharapkan akan ada multi-effect positif yang akan dirasakan oleh Kabupaten Garut.
Menurut Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan UMKM dan Industri Pariwisata Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Hamdan, MM, diyakini akan berdampak pula pada jasa tempat penginapan hotel dan homestay di Garut akan meningkat, dan konsumen restoran/rumah makan atau wisata kuliner bertambah. Dampak positif juga akan dirasakan para pengrajin, bisnis souvenir berbagai produk, penyewaan sarana transportasi, layanan jasa relaksasi, hingga pemanfaatan tenaga kerja lokal akan semakin terbuka peluangnya.

Dengan dibukanya jalur ini akan semakin terbuka konsumen potensial menggunakan jasa transportasi khusus mulai dari para PNS Jakarta dalam rangka wisata MICE berupa rapat-rapat koordinasi, lokakarya, pameran bisa dilakukan di Cipanas Garut, selain itu wisatawan umum dari Jakarta dan sekitarnya akan semakin terbuka menggunakan layanan ini.

Sementara itu Wakil Bupati R. Diky Candra menyambut baik upaya ini. Terlebih Cipanas merupakan segitiga emas Pariwisata Garut, yang telah menjadi ikon pariwisata Garut. Ia berharap rencana ini didukung semua pihak, pemerintah dan lapisan masyarakat, mulai dari sarana transportasi antar kota yang nyaman dan beroperasi tepat waktu, termasuk sarana transportasi dalam kota.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, kata Diky, perkembangan kepariwisataan daerahnya berkembang pesat, hal itu ditandai semakin banyaknya para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut. Meski demikian, ia meminta agar pihak pusat lebih memperhatikan Kabupaten Garut sebagai daerah terisolir, agar kepariwisataan yan selama ini dikembangkan tidak berjalan stagnan.

Kabupaten Garut sejak tahun 2010 dijadikan pilot project untuk transportasi wisata, tidak terlepas dari program pemerintah pusat agar tingkat perekonomian masyarakat meningkat. Selain Garut, Pilot Project 2010 di Indonesia untuk pemberdayaan ekonomi rakyat melalui industri pariwisata, adalah Kepulauan Riau untuk bidang VOA, Nangroe Aceh Darussalam untuk bidang Promosi Pariwisata di Mancanegara, Jambi untuk bidang Situs Arkeologi dan Geologi, Kalbar dan Kaltim untuk bidang Ekonomi Rakyat Perbatasan, NTB untuk Wisata Bahari, dan Bali untuk bidang Nesparda.

Selain waki bupati, hadir pula kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Garut, Drs. H. Atang Subarzah, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Mlenik Maumeriadi, serta Putri Pariwisata Indonesia 2010 Cyntia Sandra Tinajoh didampingi Putri Pariwisata Audrie Adriana Sanova.
 

 
thumbnail Judul: JALUR BUS WISATA JAKARTA – CIPANAS GARUT RESMI DILUNCURKAN
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-04-20T16:53:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1