GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

TEBING SETINGGI 400 METER RETAK

Tebing setinggi 400 meter di Gunung Citiis yang berada di Kampung Sawah Tanjakan Desa Sukamulya mengalami retak sepanjang 50 meter. Retakan tebing tersebut, mengancam sedikitnya 30 kepala keluarga yang tinggal di Kampung Sawah Tanjakan.

Kepala Desa Sukamulya Dedi Somantri mengungkapkan, retaknya tebing tersebut terjadi sejak kurang lebih satu bulan ke belakang. Sejak retak, 30 kepala keluarga yang berada di bawah tebing mengungsi setiap kali terjadi hujan. Bahkan beberapa hari kebelakang, warga mengungsi sambil membawa barang berharga mereka karena hujan terus menerus mengguyur.
“Sebelumnya warga mengungsi tidak membawa barang-barang, namun beberapa hari lalu karena hujan terus deras, warga membawa serta harta benda mereka ke pengungsian,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, baru ada dua buah tenda pengungsian yang dibangun dengan menggunakan terpal berukuran sekitar 4x4 meter, warga yang tidak kebagian mengungsi di tempat pengungsian, tinggal di rumah warga lain atau keluarganya. Terpal yang digunakan sendiri, merupakan bantuan dari pemerintah saat terjadi tanah retak beberapa bulan lalu.

“Kita sudah memberikan laporan kepada pemerintah kabupaten, muspika juga sudah mengontrol lokasi retakan tanah, tapi sampai sekarang belum ada bantuan,” katanya.

Dedi mengungkapkan, saat ini, pihaknya masih memerlukan bantuan tenda bagi warga yang mengungsi setiap kali terjadi hujan. Sedikitnya perlu 20 tenda lagi untuk membuat tempat pengungsian bagi warga. Belum lagi saat ini, para pengungsi setiap kali mengungsi harus membawa makanan dari rumah masing-masing karena memang tidak ada bantuan dari pemerintah bagi mereka.

thumbnail Judul: TEBING SETINGGI 400 METER RETAK
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-04-16T12:02:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

Widget Footer 1