GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Banjir Bandang Di Selatan Garut Landa 4 Kecamatan, 2 Rumah Hanyut Ratusan Terendam

Banjir bandang melanda 4 kecamatan di kawasan selatan Kab. Garut, Jumat (6/5). Hingga pukul 19.00 WIB, dikabarkan terdapat 2 rumah hanyut dan ratusan rumah lainnya terendam.

Daerah yang dilanda banjir bandang, yaitu Kec. Pameungpeuk, Kec. Cibalong, dan Kec. Cikelet, serta Kec. Cisompet. Sejak siang hari, curah hujan turun cukup tinggi di tiga kawasan tersebut dan menyebabkan daerah di sepanjang sungai terkena luapan banjir.

Informasi yang berhasil dihimpun, meluapnya pertemuan antara Sungai Cipalebuh dan Sungai Cikaso saat curah hujan tinggi menyebabkan banjir bandang melanda Kp. Segleng, Kp. Bintara, Kp. Leuwigenteng Desa Paas dan Desa Mandalakasih . Ketinggian air sampai meluap ke ruas jalan dan masuk ke permukiman dengan ketinggian beragam mulai dari setinggi lutut sampai dada orang dewasa.

Salah satu warga Kp. Leuwigenteng Desa Paas, Tanto Sugianto (43) mengatakan, hujan mulai turun sekitar pukul 16.00 WIB. “Sejam kemudian, air mulai naik perlahan-lahan. Lalu, sekitar magrib, airnya naik begitu cepat sampai tiba-tiba jadi masuk rumah,” katanya, ketika dihubungi lewat telepon.

Tanto dan warga lainnya tak sempat mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka. Saat ini semua dapat kondisi panik dan bingung menuju pengungsian di Cigodeg ataupun kantor Koramil Pamengpeuk. “Enggak pada bawa barang, semua ditinggalkan. Akhirnya, ini juga lagi pabaliut mau ngungsi kemana,” ucapnya.

Hal serupa terjadi di Kec. Cibalong. Curah hujan yang tinggi tak tertampung Sungai Ciawi menyebabkan terjadinyan banjir bandang. Diperkirakan, ketinggian air sampai setinggi 4 m dari dasar sungai, saat ini air menggenangi sawah, kebun, dan rumah milik warga.

thumbnail Judul: Banjir Bandang Di Selatan Garut Landa 4 Kecamatan, 2 Rumah Hanyut Ratusan Terendam
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-05-07T12:12:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

0 komentar:

Widget Footer 1