GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Garut - Bandung Macet 10 Km

Arus lalu lintas di Jalan Raya Garut menuju Bandung, Jawa Barat, macet total akibat tabrakan beruntun di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, pukul 10.30 WIB kemarin.

Hingga menjelang sore, kemacetan sepanjang 10 kilometer masih terjadi dari titik kemacetan di Jalan Cagak hingga memasuki kawasan Kecamatan Kadungora.Arah sebaliknya, dari Bandung menuju Garut dan Tasikmalaya juga macet total. Tabrakan beruntun bermula dari truk bermuatan minyak goreng dari arah barat yang sedang melewati jalan menurun.

Tak disangka, rem truk blong sehingga laju kendaraan tidak terkendali. Saat bersamaan, dari arah berlawanan datang bus Primajasa yang dikemudikan Edi Herdiana, melaju perlahan untuk menapaki jalur menanjak.“Truk tersebut sudah saya hindari dengan minggir ke tepi jalan,” kata Edi yang lolos dari kejadian maut itu dengan luka lecet di keningnya. Benturan pun tak terelakkan. Bagian kanan bak truk pengangkut minyak goreng itu menyangkut ke kaca bagian depan bus. Bus terseret hingga 30 meter lalu terguling. Dua kendaraan yang di belakangnya, yakni mobil angkutan umum jurusan Cicaheum-Garut, serta mobil pribadi, juga ringsek terkena bus dan truk.

Dampak paling parah justru menimpa dua pengendara sepeda motor yang berusaha menghindari benturan truk dan bus. Niatnya menghindar ke kiri, tetapi justru tertimpa badan bus. Satu pengendara yang tertindih meninggal dunia.Korban tewas diketahui bernama Ea, 32,warga Majalaya,Kabupaten Bandung. Dampak dari kejadian ini, jalur Nagreg ditutup total sampai antrean kendaraan sepanjang 10 kilometer hingga Bundaran Nagreg terurai. Kemacetan baru terurai lima jam kemudian setelah badan bus yang melintang di jalan berhasil dipinggirkan.

Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Garut berupaya mengatur kendaraan agar tidak terjadi kemacetan memanjang dengan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif Cijapati menembus Jalan raya Majalaya- Cicalengka,Bandung. Pengalihan hanya diperbolehkan bagi jenis kendaraan kecil atau pribadi, sementara kendaraan besar atau yang membawa barang dilarang melewati Jalan Cijapati.“Kendaraan dari arah Garut menuju Bandung dialihkan ke jalur alternatif Cijapati agar tidak terjadi kemacetan panjang,” kata Briptu Hermawan, anggota Satlantas Polres Garut.

Kemacetan tersebut dikeluhkan sopir bus maupun truk angkutan barang karena harus menunggu lama di jalanan hampir tiga jam lebih sejak pukul 12.00 WIB. Salah seorang sopir bus jurusan Garut- Bekasi,Jajang,mengaku sudah antre sekitar tiga jam.“Macet total tidak bisa bergerak. Saya saja sudah menunggu tiga jam lebih,”katanya. Kapolres Bandung AKBP Sonny Sonjaya membenarkan, seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia.“Menurut laporan satu orang tewas, satu lainnya luka berat,” jelas Sonny.Sonny mengatakan,tabrakan maut itu masih dalam penyelidikan, walau dugaan sementara kecelakaan akibat truk pengangkut minyak goreng mengalami rem blong.

“Kami sudah mengamankan sopir truk dan kernetnya untuk dimintai keterangan,” katanya. Pada 25 Maret 2011, tabrakan antara Mitsubishi Bernopol Z 8256 NE dengan truk bernopol Z 9427 HA juga terjadi di Jalur Nagreg. Akibatnya, dua orang tewas di lokasi kejadian.

thumbnail Judul: Garut - Bandung Macet 10 Km
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-05-20T08:03:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

0 komentar:

Widget Footer 1