GARUT|BLOGGER

Blogger Media Informasi

Ribuan Korban Banjir Diserang Penyakit

Ribuan korban banjir bandang yang terjadi Jumat (6/5) di Garut selatan, kemarin mulai diserang beragam penyakit seperti gatal-gatal, ISPA, dan batuk.

Koordinator tim medis non pemerintah, dr Mamay Sumantri menyebutkan, di Kecamatan Cikelet jumlah warga yang mengidap berbagai penyakit tersebut mencapai 4.000 pasien.

“Mudahnya korban terserang penyakit karena mereka kurang istirahat, sanitasi buruk di tempat tempat sementara yang terbuat dari terpal plastik,”katanya. Mamay mengungkapkan, para pasien ini rata-rata adalah balita, anak-anak, dan lansia. Selain faktor lingkungan, faktor daya tahan tubuh yang belum memadai juga ikut mempengaruhi anak-anak dan lansia menjadi mudah terserang penyakit. “Sampai saat ini penanganan medis masih terkendala.

Kendala para relawan dalam menolong warga korban banjir bandang yang menjadi pasien adalah keterbatasan tenaga dan peralatan,” ujar Mamay. Dia mencontohkan, di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, warga yang menjadi pasien jumlahnya mencapai 500 orang. Satu relawan medis, lanjutnya, menangani hingga 20 pasien. dr Eriesta anggota relawan medis non pemerintah, mengaku hingga kemarin telah menangani pasien sebanyak 30 orang. “Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, pasien balita dan anak-anak rata-rata mengidap penyakit ISPA dan batuk. Sedangkan untuk orang tua dan lansia, penyakit yang menyerang mereka adalah gatal- gatal,”paparnya.

Yeyen Yustianingsih, 29, warga Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, menuturkan beragam penyakit tersebut sebenarnya sudah menyerang warga sejak beberapa hari setelah bencana melanda daerah mereka. fani ferdiansyah

Baca Sumber Berita >>

thumbnail Judul: Ribuan Korban Banjir Diserang Penyakit
Ditulis oleh Usep Suryana
Published :2011-05-23T11:54:00+07:00
Rating: 4.5 Reviewer: 7

0 komentar:

Widget Footer 1